Kenalan Yuk Sama Tipe-Tipe Gorden Jendela Ini!

No Comments

Sebuah rumah akan sangat aneh rasanya jika tidak memiliki jendela. Jendela merupakan salah satu bagian penting dengan segudang manfaatnya untuk sebuah hunian. Tidak hanya sebagai tempat keluar masuknya cahaya matahari, jendela juga dapat membuat rumah menjadi terlihat lebih luas dan elegan. Jika kita berbicara soal jendela, belum lengkap rasanya apabila melewatkan pasangannya yaitu tirai atau yang biasa kita kenal gorden.

Gorden Jendela

Keduanya merupakan sebuah paket yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Saat kita melihat dari segi desain sebuah jendela, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal tersebut adalah tipe tirai yang akan digunakan. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan tidak semua desain jendela cocok hanya dengan satu tirai saja. Lalu, seperti apa sih tipe gorden jendela yang dimaksud?. Yuk kita kenalan dengan mereka satu per satu…

Berbagai Tipe Gorden

1.Tipe Draperies

Draperies

Urutan pertama ada tipe draperies. Tipe tirai ini merupakan tirai yang memiliki ragam corak paling variatif. Bentuknya yang bergelombang dan memiliki ukuran sama panjang membuatnya terlihat cantik. Selain itu, tipe ini juga sangat cocok jika ditempatkan pada ruangan yang dekoratif. Untuk jenis kainnya sendiri, tipe draperies biasanya menggunakan kain motif yang cukup tebal dan berat. Hal itu memungkinkan tirai ini mempunyai kemampuan untuk meredam suara serta dapat melindungi ruangan dari angin dingin yang berhembus.

2. Tipe Sheer

Sheer

Pernahkah anda pergi ke suatu tempat dimana ruangannya memiliki gorden dengan bentuk lapisan tipis berwarna terang?. Jika iya, maka itulah yang disebut tirai dengan tipe sheer. Tirai ini merupakan tirai berbahan kain tipis yang sedikit berbayang. Dapat kita ketahui juga bahwa dengan menggunakan tirai sheer, maka kita telah memilih tirai untuk tempat yang butuh sedikit privasi serta mempunyai kesan agak berbayang. Tipe tirai ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang membutuhkan intensitas cahaya tinggi serta dapat melihat pemandangan di luar rumah.

3. Tipe Eyelet

Eyelet

Untuk tipe selanjutnya ada tipe eyelet. Tipe tirai berikut ini merupakan tipe yang saat ini sangat sering kita jumpai di berbagai toko yang menjualnya. Tipe eyelet memiliki ciri yaitu terdapat ring-ring besi pada bagian atas kain tirai yang berfungsi sebagai celah atau tempat untuk memasukan batang besi yang dikaitkan di jendela. Karena keberadaan ring tersebut membuat tirai dengan tipe ini mudah digeser. Selain itu, modelnya yang sederhana juga membuat tirai dengan tipe tersebut tak lekang oleh waktu alias tidak termakan zaman.

4. Tipe Valances

Valances

Nah bagi para pecinta desain ala-ala vintage atau ala-ala eropa, sangat tepat sekali jika menggunakan tipe gorden valances. Penampilan tirai dengan tipe ini sangatlah menonjolkan nilai estetika tanpa mengurangi nilai fungsionalnya sendiri. Tirai ini memiliki aksen sebuah tirai kecil tambahan dibagian atas membentuk gelombang beserta dengan hiasan kecil yang akan semakin memperindah bentuknya. Karena keunikannya, maka penggunaan tirai ini kemudian menjadi banyak diminati. Tirai dengan tipe tersebut dapat ditempatkan di berbagai ruangan. Kesan  yang ditampilkan juga akan membuat ruangan terlihat lebih mewah.

Itulah beberapa tipe gorden yang paling banyak diminati dengan ke khasan nya masing-masing. Dari yang telah disebutkan diatas, manakah yang anda rasa cocok untuk anda gunakan pada hunian anda?. Pastikan bahwa anda tidak hanya melihat dari segi estetika melainkan juga fungsi utamanya.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *