Mengapa Harus Memilih Kaca sebagai Railing? Ini 4 Keunggulannya

No Comments

Keunggulan Memilih Kaca Railing

Tangga memiliki peranan yang penting dalam sebuah ruangan. Ada tangga maka ada juga bagian railing yang tidak terlupakan. Railing akan membantu siapa saja yang menggunakan tangga agar tetap aman. Penggunaan railing sendiri tidak hanya terpaku pada tangga tetapi juga setiap ruangan seperti balkon. Modern ini, railing kaca lebih sering digunakan karena berbagai alasan yang menyatakan kaca adalah bahan yang lebih unggul dibandingkan lainnya.

Dahulu railing hanya dibuat dari kayu yang juga merupakan bahan utama dari pembuatan tangga. Railing kayu juga dibuat dalam berbagai desain yang menyesuaikan gaya ruangan. Seiring berjalannya waktu, kayu telah menjadi bahan yang mahal disamping itu juga tidak mampu bertahan lama. Kayu mudah rusak karena jamur dan juga kelembaban, oleh karena itu kaca dipilih sebagai material penggantinya.

Keunggulan Menggunakan Railing Kaca

Keunggulan Memilih Kaca Railing

Bukankah kaca adalah material yang mudah pecah? Mengapa lebih baik dari kayu? Bagi sebagian besar Anda yang belum mengenal material kaca pasti akan sangat heran. Memang benar kaca adalah benda yang mudah pecah, tetapi kini telah diciptakan material kaca yang sangat kuat yaitu kaca tempered. Kaca ini bahkan tidak hanya digunakan sebagai material railing saja tetapi juga atap, hingga kolam renang.

Kira-kira apa alasan kaca harus digunakan sebagai railing? Simak berbagai keunggulan railing kaca berikut ini:

  • Tahan terhadap tekanan

Keunggulan Memilih Kaca Railing

Pertama adalah kaca tempered yang digunakan sebagai railing tahan terhadap tekanan. Baik itu tekanan karena penggunaan maupun perubahan cuaca. Pemakaian railing yaitu sering dipegang atau dijadikan sebagai sandaran tentunya akan sangat berbahaya jika tidak kuat. Tapi jangan khawatir karena material untuk railing tahan terhadap penggunaan apapun.

Bahkan ketika perubahan cuaca terjadi, kaca tidak akan memuai atau menyusut seperti halnya kayu. Inilah yang membuat kaca tempered menjadi istimewa, Anda bisa menggunakannya sebagai railing indoor maupun outdoor.

  • Memiliki varian ketebalan

Kaca pada umumnya dibuat tipis dan inilah yang membuat mereka lebih mudah untuk pecah. Namun tidak untuk kaca railing dari tempered glass, karena ketebalannya sangat bervariasi. Anda bisa memilih ketebalan sesuai dengan lokasi penggunaannya. Ketebalan yang dibutuhkan minimal adalah 5 mm hingga 8 mm. Semakin railing sering digunakan maka sebaiknya pilih yang lebih tebal. Sehingga ketika digunakan akan lebih kokoh dan kuat.

  • Memiliki banyak varian warna

Keunggulan Memilih Kaca Railing

Keunggulan ini membuat kaca tempered lebih banyak digunakan. Anda bisa menemukan berbagai macam varian warna kaca sehingga bisa menyesuaikan dengan desain yang diinginkan. Namun untuk bangunan modern, tampilan transparan selalu menjadi yang utama untuk dipilih. Setelah itu baru kaca tempered yang diberi warna putih. Semua warna kaca ini juga tidak akan memudar walaupun terkena panas matahari seperti halnya kayu.

  • Tahan terhadap goresan

Selain tekanan, railing kaca dari kaca tempered juga tahan terhadap goresan. Jika kaca hendak digunakan sebagai railing gedung seperti mall atau pusat perbelanjaan maka akan bertahan lebih lama. Jika banyak orang yang tidak sengaja membuat goresan maka kaca tidak akan rusak sedikitpun. Karena keunggulan ini memudahkan perawatannya. Kaca bisa dibersihkan setiap hari dengan cairan pembersih kaca agar tampilannya tetap cemerlang.

Berencana untuk membuat railing dari bahan kaca? Ada satu hal yang perlu Anda ketahui yaitu memesannya. Kaca tidak dapat dilubangi dengan bor sehingga pembuatannya harus menyesuaikan desain. Jadi lebih baik Anda memesannya setelah menyiapka desain railing yang ingin dibuat.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *