Mau Pasang Plafon Akustik Sendiri? Siapkan Berbagai Peralatan Ini!

No Comments

Siapkan Berbagai Plafon Akustik

Saat membangun rumah, kamu pasti akan mempertimbangkan banyak hal sebelumnya. Biasanya orang akan memikirkan jauh-jauh hari desain rumah seperti apa yang ingin dibangun atau jenis lantai apa yang akan digunakan. Tentu saja pemilihan plafon juga akan menjadi pertimbangan penting karena hal itu akan sangat berpengaruh pada tampilan interior ruangan. Lebih terpenting lagi, plafon yang dipilih dengan benar, akan meningkatkan kualitas kenyamanan dan keamanan penghuni rumah.

Jenis-jenis plafon sendiri banyak macamnya, mulai dari plafon akustik, plafon gypsum, dan lain-lain. Setiap jenis plafon memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Plafon jenis akustik, misalnya. Plafon ini dikenal sangat baik dalam memantulkan panas. Selain itu plafon ini sering dipilih karena mampu meminimalisir suara bising dari luar, sehingga penghuni rumah tidak merasa terganggu. Sedangkan untuk plafon gypsum, orang mengenalinya karena motif dan tampilan yang ditawarkan menarik dan sangat memanjakan mata.

Alat-alat yang diperlukan dalam Pemasangan Plafon Akustik

Siapkan Berbagai Plafon Akustik

Berbeda jenis plafon, maka berbeda juga cara pemasangannya. Kebanyakan orang lebih sering menggunakan tenaga profesional untuk menangani hal semacam ini. Namun jika kamu mau mencoba melakukannya sendiri, pastikan untuk tetap meminta saran dan bantuan dari orang yang lebih ahli untuk menghindari adanya kesalahan pemasangan dan juga faktor keamanan. Adapun peralatan yang perlu disiapkan dalam pemasangan plafon akustik, di antaranya:

1. Paku dan Palu

Pastinya paku dan palu adalah dua hal yang wajib ada dalam kegiatan konstruksi. Meskipun tidak diinstruksikan, kedua barang ini harus disiapkan karena sewaktu-waktu pasti akan diperlukan. Siapkan selalu paku dan palu karena akan digunakan untuk memasang plafon dan rangkanya.

2. Meteran

Meteran tentu saja diperlukan karena akan kamu gunakan untuk mengukur ketinggian plafon. Pastikan kamu menentukan ketinggian plafon dengan benar. Plafon yang terlalu rendah akan membuat rumah terlihat menjadi lebih sempit dan penuh. Oleh karena itu, meteran diperlukan untuk memastikan juga tidak ada kesalahan dalam ketinggian plafon, serta untuk mengukur panjang rangka plafon agar dapat terpasang dengan baik.

3. Kawat

Dalam kegiatan pemasangan plafon, kawat digunakan untuk mengaitkan antar kerangka plafon. Selain itu, kerangka plafon yang digantung pada atap rumah juga dikaitkan oleh benda yang satu ini. Meskipun kuat, cara mengaitkan kawat yang salah tentu juga dapat berisiko menggagalkan pemasangan plafon.

4. Gergaji

Plafon jenis akustik memiliki dua jenis rangka yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, di antaranya ada rangka kayu dan rangka metal. Nah, gergaji biasanya digunakan untuk memotong rangka kayu jika ada ketidaksesuaian saat pemasangan rangka. Adapun rangka metal biasanya sudah dalam bentuk dan ukuran yang dibutuhkan sehingga gergaji tidak terlalu diperlukan keberadaannya.

5. Bor Listrik

Bor listrik diperlukan dalam proses pemasangan sekrup pada titik-titik sudut plafon. Keberadaan sekrup ini adalah untuk menjaga agar plafon dapat terpasang dengan kuat.

6. Waterpass

Ada yang bingung dengan alat konstruksi bernama waterpass ini? Orang awam pasti merasa asing mendengarnya. Singkatnya, waterpass merupakan alat yang digunakan untuk menentukan plafon berada pada posisi yang rata dari pengukuran vertikal dan juga horizontalnya. Maksudnya disini, terkadang dalam pemasangan plafon ada bagian papan plafon yang tidak sama sehingga membuatnya terlihat sedikit bengkok atau tidak rata. Maka dari itu waterpass digunakan. Jika kesalahan tersebut terjadi, rangka plafon bisa turun dan akan berdampak pada tampilan ruangan.

7. Cat dan Kuasnya

Alat terakhir yang akan kamu gunakan dalam pemasangan plafon akustik adalah kuas cat. Tentu kamu tidak ingin bukan, jika plafon rumah kamu warnanya hanya mengikuti dari warna plafon itu sendiri. Maka dari itu, jika pemasangan plafon sudah selesai, alangkah baiknya untuk langsung mengecat plafon tersebut sesuai dengan warna yang kamu inginkan.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *